Cara Membersihkan Galon yang Baik dan Benar

Manusia pastinya sangat membutuhkan air yang bersih dan sehat untuk di konsumsi. Air minum yang sehat biasanya juga ditentukan oleh tempat penyimpanannya. Apakah tempatnya higienis atau tidak. Tidak jarang ada orang yang rela repot-repot mengambil air lalu memasak sendiri agar kebersihannya terjamin. Padahal saat ini sudah banyak alat yang bisa digunakan agar air yang hendak di komsumsi layak di minum dan sehat. Apalagi jika alat tersebut di pelihara dan dibersihkan dengan baik.

Salah satu alat yang sering digunakan yaitu galon. Benda ini sudah sangat lama digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Biasanya digunakan oleh masyarakat menengah ke atas. Namun karena pemeliharaan yang kurang baik benda tersebut menjadi mudah kotor dan bau sehingga banyak yang beralih ke alat yang lebih canggih dan mahal.

 

Cara Memasang Kran Air Galon

Air minum harus menjadi prioritas bagi kehidupan Anda. Kesehatan Anda sangat dipengaruhi oleh konsumsi air minum yang baik. Apalagi untuk bayi dan anak-anak yang sedang dalam pertumbuhan. Selain kebersihannya Anda juga perlu tahu bagaimana cara bongkar pasang bagian pada alat yang Anda gunakan untuk minum Anda.

Kran air galon  memiliki bentuk yang ekonomis dan praktis. Benda ini dapat menjadi alternatif lain dari dispenser. Harganya tidak berbeda jauh dengan harga dispenser biasa. Bedanya Anda tidak bisa mendapatkan air panas dengan alat ini. Namun alat ini sudah sangat membantu Anda.

Kran ini berbentuk lingkaran dengan tonjolan seperti corong yang diapadukan dengan kran. Cara memasangnya sangat mudah. Pertama bersihkan kran terlebih dahulu. Kemudian buka tutup galon dan bersihkan permukaannya. Baru setelah itu kran dapat di pasang dengan menyakupkannya lalu memutarnya ke kanan sampai benar-benar terpasang kuat. Biasanya bisa digunakan dengan tatakan galon karena saat mengambil air nantinya posisi kran harus vertikal sehingga mudah keluar.

 

Pompa Air Galon

Pompa air khusus ini dapat digunakan untuk mengganti kran. Bedanya posisi tempat airnya horizontal sehingga mulutnya berada di atas. Pemakaiannya cukup di tekan pompanya hingga airnya keluar. Pemasangannya cukup mudah hampir sama seperti memasang kran. Pompa ini memiliki sekrup untuk pemasangannya.

Pertama bersihkan tempatnya kemudian pasang pompa air. Putar sekrupnya sampai benar-benar terpasang dengan baik. Pastikan pipanya juga sudah terpasang baik. Setelah itu Anda bisa coba menggunakan pompa tersebut untuk mengecek apakah sudah bisa digunakan atau belum.

 

Dudukan Galon

Dudukan ini biasanya digunakan bersama kran air. Karena kran baru dapat digunakan jika sudah terpasang dudukannya. Bentuk dudukan ini seperti kerangka dari besi dengan posisi rangka depan lebih rendah dari rangka belakangnya. Sehingga posisi tempat air jadi miring dan air akan mudah keluar. Pemasangannya cukup mudah karena tidak perlu memutar atau memasang sekrup dan sebagainya. Anda tinggal menyimpan tempatnya setelah memasang kran tadi.

 

Cara Merawat Galon

Memasang alat untuk air minum Anda sendiri tentunya lebih terjamin kebersihannya dan kesehatannya. Pemasangannya dan penyimpanan yang tepat juga mempengaruhi kebersihan air. Contohnya jika menyimpan terpapar dengan sinar matahari maka tempatnya akan cepat berjamur dan berlumut. Hal ini sudah dipastikan air sudah tidak bersih lagi.

Selain itu pastikan penanganan kebersihan tempatnya benar-benar bersih. Pembersihannya harus melalui proses beberapa kali di gosok dan di cuci. Pastikan bersih sampai ke sela-sela tempat tersebut. Cara pembersihan yang salah dapat membuat air di dalamnya juga ikut tercemar. Lakukan pembersihannya secara rutin agar air tetap terjaga kebersihannya.

Salah satu perawatan tempat tadi ialah dengan berhati-hati dalam mengangkat dan menggeser tempat air. Salah dalam mengangkat bisa jadi benda tersebut jatuh dan kemudian bocor dan penyok. Hal itu sangat menganggu untuk keseharian Anda. Jika harus membeli lagi sangat tidak efisien. Jadi Anda bisa menambal kerusakan yang terjadi.

 

Cara Menambal Galon yang Bocor

Jika terjadi kebocoran, maka Anda bisa menambalnya agar dapat digunakan kembali. Kebanyakan masyarakat menggunakan lem untuk menambalnya. Hal itu dapat berhasil mengatasinya namun tidak dapat bertahan lama. Penanganan yang tepat dan tahan lama yaitu dengan solder bagian yang bocor menggunakan bagiannya yang lain untuk merapatkannya.

Kerusakan lain yang terjadi biasanya adalah penyok. Hal ini dapat Anda perbaiki dengan menyiram bagian yang penyok dengan air yang mendidih dari bagian dalamnya sampai kembali ke bentuk awal. Setelah itu keringkan dengan hairdrayer.

 

Cara Membersihkan Filter Galon

Salah satu penyebab galon gampang kotor yaitu karena alat filternya kurang dibersihkan. Bila jarang dibersihkan maka akan mudah berjamur dan berlumut. Filter air ini merupakan bagian yang sangat penting untuk air minum yang Anda konsumsi.

Kebersihan filter ini perlu di jaga dan harus dibersihkan. Pembersihannya bisa menggunakan lap dan cairan pencuci piring. Caranya larutkan cairan pencuci piring dalam air bersih, kemudian gunakan lap untuk membasahi filter air. Lap dan bersihkan filter tadi hingga bersih kemudian keringkan. Pembersihan ini harus rutin dilakukan agar kebersihannya tetap terjaga.

Sekurang-kurangnya filter tersebut harus dibersihkan 3-4 bulan sekali. Selain itu penyebab galon berlumut dikarenakan posisi benda ini terpapar sinar matahari. Jadi usahakan menyimpan barang ini di posisi yang tidak terkena panas matahari. Simpanlah di tempat yang teduh dan sejuk.

Kebersihan tempat air harus selalu di jaga karena menyangkut kesehatan Anda dan keluarga. Benda ini harus di jaga kebersihannya sesering mungkin agar terjaga pula kesehatannya. Menjaga kebersihan benda yang satu ini memang gampang-gampang susah. Anda di tuntut harus rajim dalam menjaga kebersihannya.

Filter air minimal dibersihkan 3-4 bulan sekali. Bagian lainnya di lap sesering mungkin. Terutama bagian luarnya harus tetap kering agar tidak mengendap dan menjadi lumut. Galon sangat sensitif dengan kuman karena hubungannya dengan air dan bisa menimbulkan bekas lumut karena kurang dibersihkan.

 

Menyingkirkan Lumut

Lumut biasanya disebabkan oleh air yang mengendap. Cara yang paling mudah dan dianjurkan adalah menggunakan mesin penyikat yang sudah popular digunakan oleh pabrik air minum dalam kemasan maupun depo air isi ulang. Selain itu adalah dengan menggunakan 4 genggam silika dan 1 gelas air yang dimasukkan kedalamnya yang berlumut kemudian dikocok-kocok sampai bersih. Pasir silica yang telah digunakan tersebut masih dapat disimpan untuk dipergunakan lagi selama tidak habis atau terbuang.

 

Menyingkirkan Jamur

Untuk menghilangkan jamur Anda dapat memasukkan air hangat ke dalam galon. Jumlah yang Anda masukkan yakni 1/4 dari kapasitas benda tersebut. Masukkan secara perlahan-lahan agar tidak sampai terkena tangan Anda. Setelah itu Anda harus menutupnya dan mulai mengocok benda tersebut. Kocok secara perlahan dan pastikan bahwa seluruh bagiannya terkena air hangat. Hal ini bertujuan agar supaya jamur yang menempel bisa terangkat dan mati. Kocok beberapa kali sampai Anda yakin bahwa jamur maupun kotoran lain sudah terangkat. Kemudian setelah selesai semua baru Anda buka tutupnya.

Bila sudah selesai mengocoknya, maka mulailah Anda memasukkan sikat panjang dan gosok seluruh bagian dalam secara perlahan-lahan. Pastikan Anda menjangkau seluruh bagian pada bagian dalam. Ulangi gosokan sampai sebanyak 3 kali untuk membuat semakin lebih bersih. Pastikan bahwa Anda telah menggosok bagian-bagian kecil atau lengkungannya. Setelah itu, Anda tinggal memasukkan air hangat lagi dan mulailah membilas bagian dalam sampai beberapa kali sampai Anda yakin sudah bersih.

Berikutnya Anda dapat memasukkan cairan bleaching. Salah satu tujuan mengapa Anda harus memasukkan cairan bleaching adalah untuk mencegah agar terhindar dari bahaya air isi ulang yang terkadang kurang memperhatikan kebersihannya. Masukkan air bleaching secukupnya kurang lebih 1/2 cangkir. Lalu kocok kembali hingga bersih. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan keringkan.

 

Menghilangkan Bau Tanah

Bau tanah pada galon biasanya dikarenakan air yang berbau. Tandanya air tersebut memang kurang bersih. Cara membersihkan galon yang bau tanah hampir sama dengan pembersihan pada umumnya. Langkah pertama cuci dengan memasukkan air lalu kocok-kocok. Lakukan hal ini minimal 2 kali. Jangan gunakan sabun/bahan kimia lainnya, cukup air saja. Karena sabun akan memperburuk baunya. Berikutnya masukkan pasta gigi/odol secukupnya dan segelas air (250 cc), lalu kocok-kocok dan buang. Lakukan berkali-kali hingga bau pasta gigi hilang.

 

Merawat Dispenser

Dispenser merupakan alat yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Selain praktis, kelebihan dari dispenser ini sangat mempermudah kehidupan masyarakat. Contohnya adanya air panas dapat membantu seorang ibu untuk membuat susu untuk anaknya dalam waktu yang cepat. Tentunya sangat membantu meringankan pekerjaan masyarakat.

Namun jangan lupa kebersihannya juga sangat perlu di jaga. Mulai dari kebersihan galonnya, filter, keran air, tatakan gelas, hingga badan dispenser. Semuanya perlu dibersihkan tanp kecuali. Anda dapat membersihkannya saat air sudah habis. Pertama buka galonnya yang kosong kemudian lap filter air menggunakan tisu basah khusus yang di berikan saat isi ulang. Setelah itu tunggu hingga kering.

Berikutnya Anda bersihkan setiap bagian dispenser dengan mengelapnya hingga bersih. Air yang menggenang pada tatakan gelasnya harus sesering mungkin di buang agar tidak menjadi sarang nyamuk. Setelah itu biarkan semua bagian mengering. Jangan lupa pastikan sisa air pada dispenser sudah keluar semua. Baru setelah itu bisa Anda pasang kembali. Lakukan sesering mungkin setiap akan melakukan isi ulang.

Saat isi ulang, Anda perlu perhatikan bagaimana cara membersihkan galon di depot air minum. Pastikan pembersihannya benar-benar higienis dan sehat. Bila tidak higienis sebaiknya Anda berpindah ke tempat lain. Karena ini menyangkut kesehatan jadi jangan sampai disepelekan.

 

Mengapa Galon Berbunyi

Selain tempat penampungan airnya yang bisa bocor, dispensernya pun dapat bocor. Hal tersebut dapat membuat dispenser mengeluarkan bunyi seperti ada gelembung. Selain itu mengapa dispenser Anda berbunyi bisa karena berasal dari air galon. Dipenser dengan merk apapun, khususnya yang posisi galonnya terbalik sudah tentu akan berbunyi.

Rentang waktu bunyinya tersebut juga tidak dapat diprediksi. Air tersebut mengalir ke bawah menuju selang dispenser sehingga kemudian menimbulkan bunyi yang berasal dari gelembung yang keluar ketika air tersedot ke bawah.

Untuk masalah ini Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Yang terpenting Anda harus tetap menjaga cara membersihkan galon dan merawatnya agar tidak berjamur sehingga menggangu kualitas airnya.

Berikutnya dispenser Anda berbunyi karena kondisi heater yang sudah mulai rusak. Fungsi dari heater adalah untuk mengontrol panas. Heater berguna untuk menjaga suhu pada dispenser agar tidak sampai terlalu panas yang malah akan membuat dispenser rusak. Oleh karena itu, Anda harus mengecek dispenser. Mengecek heater dispenser bisa Anda lakukan dengan membongkar bagian dalamnya. Kemudian mengecek bagian peltier untuk mengetahui apakah heater Anda dalam kondisi baik atau tidak.

Kondisi tempat air yang baik akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan Anda. Selain itu kondisi airnya yang baik dan sehat pastinya sangat mempengaruhi. Namun banyak yang ragu dengan kualitas air yang berasal dari galon. Apalagi jika diperoleh dari depot biasa dengan harga yang murah.

Air tersebut dapat Anda didihkan kembali agar Anda tidak ragu lagi. Hal ini dipastikan kumannya akan hilang dan lebih sehat. Walaupun sebemarnya air tesebut sudah melalui proses penjernihan dan penyaringan hingga beberapa kali. Tapi bila penasaran Anda dapat memasaknya terlebih dahulu sebelum di konsumsi.

 

Berapa isi Air dalam Galon?

Selain tentang kebersiha galonnya, Anda akan bertanya-tanya berapakah isinya. Isi sebenarnya  adalah 19 liter seperti yang tertera pada label galonnya. Data tersebut merupakan data yang paling tepat. Sedangkan untuk volume 19 liter ini bukan berarti sama dengan volume 1 satuan. Satu satuan galon merupakan salah satu ukuran volume seperti halnya liter.

Sekarang nampaknya sudah tidak ada lagi merk air minum kemasan yang mencantumkan isi 5 pada galonnya. Kebanyakan yang tertera pada labelnya hanya ” netto 19 liter”. Salah satu alasannya mungkin karena satuan volumenya kurang begitu populer di masyarakat kita dibandingkan dengan satuan liter. Jadi isinya yang pasti adalah 19 liter.

Lalu seberapa lama air isi ulang dapat bertahan? Jawabannya ialah hanya 3 hari. Jika lebih lama lagi maka tidak layak konsumsi karena kandungannya sudah berkurang. Sehingga sudah tidak baik lagi untuk di konsumsi. Membersihkan yang kurang tepat dapat membuat tidak bertahan lama karena menjadi kotor karena jamur dan bakteri. Jadi jika belum habis selama 3 hari sebaiknya jangan di minum.

Penanganan yang tepat akan sangat mempengaruhi pada kesehatan Anda. Apalagi air minum ini merupakan faktor utama bagi kesehatan Anda. Jangan sampai salah kaprah dan asal saja dalam mengonsumsinya. Teliti terlebih dahulu setiap merk air yang hendak di komsumsi. Bila perlu periksa perizinan dan komposisinya. Dengan begitu Anda dapat memperoleh air yang berkualitas tinggi.

 

Itulah beberapa cara membersihkan galon dan beberapa pengetahuan mengenai benda bermanfaat yang satu ini. Jadi kesehatan ada di tangan Anda. Jangan sampai salah cara dan salah pilih. Karena air merupakan kandungan terpenting dalam tubuh Anda. Jangan lupa kelestariannya juga perlu di jaga untuk keberlangsungsan hidup anak dan cucu kita kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *