Cara Menghilangkan Kerak Lantai Kamar Mandi Secara Cepat dan Mudah

Kamar mandi merupakan salah satu bagian dari sudut rumah yang harus selalu dijaga kebersihannya. Hal ini dikarenakan menjadi tempat yang sangat rentan bagi tumbuhnya kuman dan virus lain. Oleh karena itu, sudah seharusnya Anda menjaga kebersihan seluruh ruangan di rumah, termasuk di tempat tersebut. Apalagi tempatnya yang lembab dan sering terkena air dapat menimbulkan kerak jika tidak dibersihkan secara berkala. Menjadi sebuah hal yang menyebalkan jika terlihat kotor dan penuh noda. Selain tidak enak dipandang, hal tersebut juga akan membuat siapa saja enggan masuk. Terlebih lagi jika harus berlama-lama di dalamnya. Maka dari itu, bagi Anda yang senang berlama-lama  akan lebih menyenangkan bila tidak ada kotoran atau kerak di kamar mandi anda.

 

Penyebab Kerak Lantai Kamar Mandi

Terdapat beberapa penyebab kerak lantai di kamar mandi yang tanpa Anda sadari sering dilakukan, yakni percikan busa pada sabun yang Anda gunakan ketika sedang mandi. Semakin lama percikan yang menempel pada area tersebut dapat menimbulkan kerak karena sifat busa yang menahan adesi dan kohesi, dimana keduanya mampu untuk mengikat debu di dalam ruangan. Terlebih lagi busa tersebut terkena air yang mengandung pH dan logam berat. Dikarenakan hal inilah kerak dapat muncul dan membuat keramik kotor. Untuk dapat meminimalisir timbulnya bercak noda dan kerak pada keramik, Anda dapat membersihkannya dengan air yang bersih serta memastikan tidak ada sisa percikan busa.

 

Cara Membersihkan Kerak Lantai Kamar Mandi

Meskipun begitu, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan noda yang membandel. Adapun beberapa cara menghilangkan kerak lantai kamar mandi antara lain adalah:

1. Cairan Pembersih

Sudah ada banyak sekali cairan pembersih yang dijual di toko-toko kelontong. Aromanya pun sangat beragam. Anda dapat memilihnya sesuai dengan keinginan Anda. Cairan pembersih atau yang biasa disebut karbol ini terbukti ampuh untuk menghilangkan noda membandel dan tidak membuat keramik menjadi licin. Namun, ternyata Anda dapat membuat cairan pembersih sendiri hanya dengan menggunakan sabun pencuci piring. Meskipun hanya sabun pencuci piring, tetapi sabun ini sangat bisa menghilangkan noda membandel hanya dalam waktu sekejap.

Cara membuat cairan pembersih dari sabun pencuci piring ini sangat mudah. Pertama-tam Anda menyiapkan sabun pencuci piring dan air. Kemudian larutkan kedua pada botol semprot lalu dikocok. Semprotkan cairan tersebut ke seluruh bagian keramik yang berkerak dan gosok-gosok menggunakan sikat serta dapat disemprotkan cairan sesekali agar kerak semakin mudah dihilangkan. Langkah terakhir adalah membilas dengan air bersih. Dengan begitu, seluruh bagian akan cepat bersih.

2. Dengan Minuman Bersoda

Ya, minuman bersoda dengan berbagai merek tersebut dipercaya mampu menghilangkan kerak. Caranya juga sangat mudah untuk dilakukan. Pertama, Anda harus menuangkan satu botol atau satu kaleng minuman bersoda ke dalam kloset dan keramik yang berkerak kemudian dibiarkan hingga semalam. Di pagi harinya, bersihkan noda yang sudah disiram minuman bersoda dengan menggunakan sikat dan siram menggunakan air bersih. Apabila masih ada noda yang tersisa, Anda dapat mengulangi cara yang sama, namun dengan menambahkan cuka agar noda lebih mudah dibersihkan.

3. Baking Soda

Baking soda sudah sejak lama dikenal mampu untuk membersihkan perabotan rumah tangga. Hal ini tentu juga berlaku untuk membersihkan keramik yang berkerak. Hanya dengan menggunakan setengah gelas atau cangkir baking soda dan air hangat satu ember penuh. Kedua bahan tersebut kemudian dilarutkan dan diaduk hingga merata. Selanjutnya Anda dapat menyiram keramik yang berkerak dengan larutan tersebut dan sikat hingga kerak yang membandel hilang.

Itulah beberapa cara yang dinilai ampuh untuk menghilangkan kerak. Anda dapat mencobanya jika terdapat kerak membandel.

 

Cara Mengatasi Keramik Kamar Mandi yang Bocor

Selain masalah keramik yang kotor dan bernoda, sering kali Anda dihadapkan dengan keramik kamar mandi yang bocor atau keluar air. Tentu bukan menjadi hal yang menyenangkan jika terjadi kebocoran seperti ini. Namun, Anda dapat melakukan pencegahan terhadap hal ini. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menutup pori-pori yang ada pada permukaan beton. Anda dapat menggunakan cairan semen untuk menutupinya. Jika ternyata kondisi keramik lembab, maka Anda dapat menggunakan pelapis anti bocor sebanyak dua kali. Cara ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya kebocoran ataupun air yang keluar dari keramik.

Sebelum menutup seluruh lubang pada keramik Anda harus melakukan tes kebocoran untuk memastikan apakah masih bocor atau tidak. Apabila sudah terlanjur bocor, terjadi rembesan, atau keluar air, maka terdapat cara membersihkan lantai yang bocor atau keluar air. Anda harus membersihkannya dengan menggunakan kain bersih dan memastikan jika keramik sudah dalam keadaan kering. Apabila keramik sudah kering, maka Anda dapat melakukan pelapisan pada keramik. Jika Anda melakukan pelapisan dalam keadaan lembab, maka lapisan anti bocor tersebut tidak akan menempel dengan sempurna. Selanjutnya Anda dapat memasang lapisan waterproofing. Lapisan ini berguna sebagai tameng agar keramik Anda tidak kembali bocor ataupun keluar air.

 

Macam Lantai Kamar Mandi dan Cara Membersihkannya

Cara membersihkan kerak di lantai kamar mandi di atas dapat digunakan pada jenis berikut ini:

1. Lantai Keramik

Tidak ada trik khusus dalam membersihkan keramik karena memang jenis ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Anda dapat menggunakan segala macam cara untuk dapat membersihkan noda-noda pada keramik. Apabila Anda ingin menggunakan bahan alami, maka Anda dapat menggunakan cuka atau baking soda. Kedua bahan tersebut sangat ampuh untuk membersihkan noda-noda keramik. Selain itu, dengan menggunakan kedua bahan tersebut, keramik Anda akan lebih kinclong.

2. Lantai Marmer

Memilih untuk menggunakan marmer untuk kamar mandi memang bukan menjadi suatu hal yang salah. Namun, Anda harus selalu memastikan kebersihannya karena marmer merupakan batuan alami yang butuh perawatan khusus. Batu marmer sering kali dipilih karena lebih tahan lama dan juga memiliki tampilan yang indah sehingga dapat mempercantik tampilan. Marmer sangat mudah rusak apabila menggunakan cairan pembersih biasa. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan produk pembersih yang cocok untuk marmer.

Cara untuk membersihkan noda pada marmer adalah dengan menuangkan setetes cairan sabun pencuci piring pada kain microfiber. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih yang memiiki pH netral. Basahi kain tersebut dengan beberapa tetes air bersih. Pertama-tama, coba bersihkan pada bagian yang paling kecil dan tersembunyi untuk memastikan jika pembersih tersebut tidak merusak marmer. Apabila sudah dites, Anda dapat mengusap lembut marmer menggunakan kain tadi searah dengan serat marmer. Jangan sampai Anda mengusap dengan gerakan memutar karena hal tersebut dapat merusak permukaan marmer. Jika noda sudah hilang, Anda dapat mengeringkannya dengan kain kering.

3. Lantai Granit

Cara untuk membersihkan noda pada granit sebenarnya sama dengan membersihkan marmer. Hal ini karena keduanya berasal dari batu alam yang harus selalu dipastikan kebersihannya. Apabila terjadi kesalahan sedikit saja, maka permukaan granit bisa rusak. Anda dapat menggunakan cara yang sama seperti yang telah dijelaskan pada cara membersihkan noda pada marmer.

Ketiga jenis porslen tersebut memang membutuhkan perawatan yang berbeda. Jadi, Anda tidak bisa sembarangan memilih produk cairan pembersih untuk keramik Anda. Apabila Anda salah, maka bisa saja keramik Anda menjadi rusak. Khusus untuk marmer dan granit, jika menggunakan cairan pembersih untuk keramik maka akan membuat permukaan marmer dan granit menjadi kusam. Hindari menggunakan bahan yang bersifat sangat basa ataupun sangat asam karena akan merusak permukaan marmer dan juga granit. Anda harus memastikan jika kain yang digunakan tidak memiliki permukaan yang kasar. Selain itu, sangat tidak disarankan untuk menggunakan mesin penyedot debu karena dapat merusak permukaan keramik.

 

Motif Keramik Kamar Mandi

Berbicara mengenai kamar mandi pasti tidak terlepas dari desain dan juga keramik yang digunakan. Meskipun bukan bagian inti dari sebuah rumah, namun menjadi tempat yang harus selalu dijaga keindahan serta kebersihannya. Sekarang ini ada banyak sekali motif keramik yang cantik dan juga unik. Jadi, keramik yang dipasang tidak hanya polos berwarna tetapi juga mempunyai motif-motif tertentu. Berikut ini adalah beberapa keramik bermotif yang dapat Anda pilih untuk membuat tampilan menjadi lebih cantik dan unik.

1. Motif Zigzag

Motif ini banyak digunakan karena terkesan unik dan minimalis. Dengan menggunakan motif zigzag ini, Anda bisa memakai dua pilihan warna. Pilihan warna yang direkomendasikan adalah hijau, biru, dan teal.

2. Motif Polos

Bagi Anda yang tidak suka sesuatu yang ramai dan berwarna, maka Anda dapat memilih keramik polos berwarna putih untuk konsep minimalis. Keramik polos berwarna putih ini akan menimbulkan kesan bersih dan rapi.

3. Motif Fish Scale

Jenis motif ini sangat cocok diaplikasikan pada kamar mandi perempuan. Terlebih lagi jika pilihan warna yang digunakan adalah kelompok warna pastel. Pola fish scale adalah pola yang membentuk sisik ikan. Motif ini akan menimbulkan kesan nyaman dan tenang.

4. Motif Geometris

Jika Anda menyukai hal-hal minimalis tetapi bosan dengan konsep keramik polos, maka Anda dapat menggunakan motif geometris. Motif ini tetap menimbulkan kesan minimalis dan tidak terlalu ramai. Anda dapat menggunakan keramik berwarna hitam, putih atau abu-abu agar kesan minimalisnya dapat tetap terangkat.

5. Motif Kayu

Saat ini material kayu sering digunakan dalam desain sebuah rumah. Anda juga dapat menggunakan motif ini untuk menimbulkan kesan hangat, nyaman, dan mewah. Akan tetapi, pastikan jika Anda telah menggunakan lapisan anti slip pada kayu agar tidak licin jika terkena air.

6. Motif Batu Alam

Motif ini memang belum banyak digunakan karena membutuhkan bujet yang cukup besar. Apabila Anda tipe orang yang menyukai alam, maka Anda dapat mengaplikasikan motif batu alam ini.

7. Motif Hitam dan Putih

Warna hitam dan putih memang tidak pernah salah jika diaplikasikan dalam suatu ruangan. Jika Anda penggemar kedua warna ini, maka Anda dapat menciptakan motif hitam dan putih yang kontras.

8. Motif Serba Hitam

Sama seperti motif hitam dan putih sebelumnya, motif serba hitam ini juga cocok diaplikasikan. Terlebih lagi bagi Anda orang introvert dan menyukai ketenangan. Untuk menimbulkan kesan minimalis, Anda dapat memilih produk sanitasi berwarna putih agar tidak terkesan terlalu polos.

9. Motif Bunga

Motif ini biasa diaplikasikan pada kamar mandi yang sifatnya feminim. Selain itu, dengan menggunakan motif bunga maka akan menimbulkan kesan relax. Anda dapat menambahkan aromaterapi bunga-bungaan untuk menambah kesan relax.

10. Motif Heksagon

Motif heksagon atau segi enam ini memang sedang hits di kalangan generasi millennial. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang memilih menggunakan keramik dengan motif ini.

Itulah sepuluh motif keramik yang dapat dijadikan referensi bagi Anda. Silahkan pilih sesuai dengan konsep yang Anda buat dan pilih warna yang tepat agar dapat tercipta suasana seperti yang Anda inginkan. Ukuran keramik juga sangat beragam. Ukurannya dapat disesuaikan dengan luas ruangan dan konsepnya. Pada umumnya ukuran keramik adalah 20×25 cm, 20×30 cm, dan juga 25×40 cm. Ukuran keramik tersebut adalah yang paling banyak digunakan karena memang ideal dan sesuai dengan luas ruangan.

 

Harga Keramik Kamar Mandi

Harga keramik kamar mandi untuk tiap-tiap ukuran sudah pasti berbeda. Hal ini juga bergantung pada bahan keramik yang dipilih. Jika Anda memilih keramik berbahan granit atau marmer sudah pasti harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan keramik biasa. Motif keramik yang dipilih juga menentukan harga yang harus dibayarkan. Anda dapat bertanya secara langsung kepada karyawan di toko material mengenai harga dan jumlah yang dibutuhkan. Terkadang pada beberapa toko material, Anda juga dapat membeli per satu pack. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin memasang keramik dengan konsep acak dan random.

Menemukan jenis keramik yang cocok memang hal yang susah-susah gampang. Selain harus menyesuaikan dengan konsep ruangan, Anda juga harus menyesuaikan ukuran yang cocok untuk digunakan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi kepada ahli desain interior ruangan ataupun karyawan toko material yang sudah paham mengenai hal tersebut. Anda juga dapat melihat referensi di laman internet ataupun aplikasi desain. Biasanya akan muncul contoh-contoh konsep dan desain interior yang beragam.

Dengan mencari referensi tersebut, Anda akan menemukan ide-ide yang baru dan unik sehingga konsep yang Anda ciptakan tidak terkesan monoton. Meskipun hanya sebuah ruang kecil dan hanya digunakan untuk mandi dan sebagainya, namun Anda juga harus memperhatikan desain, penggunakan keramik, dan pemilihan cat yang digunakan agar menimbulkan kesan nyaman saat berada di dalamnya. Anda juga dapat menambahkan dekorasi agar tidak terkesan monoton dan sepi. Memadu padankan beberapa warna sekaligus juga dapat Anda lakukan untuk menciptakan kesan fresh dan trendy.

Menciptakan sebuah ruangan idaman memang keinginan bagi setiap orang. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang rela mengeluarkan bujet sedikit lebih besar demi mewujudkan sebuah rumah dengan desain dan dekorasi impian. Hal ini karena kenyaman dan keindahan menjadi aspek yang penting. Terlebih lagi bagi orang-orang yang jauh lebih senang menghabiskan waktu luang di dalam rumah bersama dengan keluarga. Maka dari itu, kini sudah banyak orang yang lebih memperhatikan desain sebuah ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *