Cara Menyembuhkan Cantengan

Cantengan atau dalam bahasa medis disebut sebagai Paronychia merupakan suatu kondisi ketika kuku kaki di bagian tepi justru tumbuh ke arah dalam dan menimbulkan rasa sakit. Biasanya kuku yang tumbuh menjorok ke dalam ini memicu terjadinya pembengkakan pada jari kaki hingga jari kaki yang terlihat kemerahan. Penyakit ini sendiri bisa timbul di jari manapun mulai dari ibu jari hingga kelingking kaki.

Masalah ini paling sering ditemukan pada bagian ibu jari karena ibu jari merupakan jari yang paling menonjol dari keseluruhan jari kaki lainnya. Selain itu bentuk ibu jari kaki yang cenderung melengkung juga bisa menjadi salah satu penyebab utama munculnya penyakit ini. Banyak orang yang mengalami kondisi ini mencari cara menyembuhkan cantengan yang efektif untuk mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang dirasakan.

 

Cara Agar Cantengan Cepat Sembuh

Masalah kuku ini bisa disembuhkan dengan berbagai hal mulai dari langkah tradisional menggunakan bahan alami hingga langkah medis menggunakan obat-obatan kimia dengan kandungan khusus tertentu. Berikut ini beberapa cara menyembuhkan cantengan yang bisa Anda coba lakukan:

  • Obat Cantengan

Kondisi kuku yang tumbuh menjorok ke arah yang salah ini bisa diatasi dengan obat-obatan baik yang berupa salep atau obat luar maupun obat minum. Kuku yang melukai kulit ini bisa mengakibatkan peradangan yang bisa diatasi dengan salep atau obat-obatan yang bersifat anti-inflamasi. Selain itu jika kondisi ini sudah lebih parah dan disertai dengan adanya infeksi tertentu maka penggunaan antibiotik bisa jadi pilihan yang diambil tenaga medis. Tapi perlu diingat bahwa konsumsi antibiotik ini harus disertai dengan resep dokter dan dikonsumsi sesuai aturan yang diberikan. Antibiotik tidak boleh dikonsumsi sembarangan karena bisa mengakibatkan terjadinya resistensi jika dikonsumsi dengan dosis dan indikasi yang tidak sesuai.

  • Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih biasanya digunakan untuk menghangatkan tubuh ataupun untuk mencegah berbagai masalah kesehatan seperti masuk angin. Tapi siapa sangka kalau ternyata minyak dengan aroma khas ini bisa dipakai untuk mengatasi kaki yang sakit akibat tertusuk kuku sendiri. Memang belum ada penelitian khusus yang menunjukkan efektivitas dari minyak kayu putih ini dalam mengatasi kuku yang tumbuh ke dalam. Namun tidak sedikit pula orang yang sudah mencoba dan merasakan khasiatnya.

Langkah pengobatan kuku yang tumbuh ke dalam dengan minyak kayu putih ini relatif cukup sederhana. Bahan-bahan dan alat yang diperlukan pun bisa ditemukan di sekitar rumah Anda yaitu minyak kayu putih, air hangat,kapas serta handuk. Sebelum dilakukan pengobatan menggunakan minyak kayu putih kaki terlebih dahulu harus dibersihkan dengan baikd an dikeringkan dengan sempurna. Kaki yang sudah dalam kondisi bersih dan kering selanjutnya diolesi dengan minyak kayu putih menggunakan kapas. Oleskan minyak kayu putih ini secara merata dan menyeluruh. Biarkan minyak kayu putih di kulit selama beberapa saat.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan air hangat. Kemudian rendamlah kaki yang sakit  dan sudah diolesi minyak kayu putih tadi ke dalam air hangat yang sudah disiapkan. Biarkan beberapa saat sampai air hangat kembali menjadi dingin. Lakukan hal ini secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang optimal. Kaki yang bagian kulitnya tertancap oleh kuku lama-kelamaan akan tidak lagi terasa perih dan sakit kemudian kembali seperti kondisinya semula.

  • Minyak Tawon

Cara mengatasi kuku yang tumbuh dan menimbulkan rasa sakit dengan minyak tawon juga merupakan cara-cara tradisional yang banyak dipraktekkan masyarakat meskipun bukanlah tindakan yang dianjurkan secara medis. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba sepanjang tidak ada efek samping yang ditimbulkan. Minyak tawon oleh sebagian orang dianggap bisa mengatasi peradangan pada kulit termasuk yang disebabkan karena kuku yang tumbuh menancap. Minyak tawon ini bisa membantu meredakan peradangan yang terjadi dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkannya.

Cara penggunaannya adalah dengan membersihkan kuku kaki terlebih dahulu menggunakan bahan antiseptik kemudian mengolesinya dengan minyak tawon. Penggunaannya pun disarankan rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Rendam Air Garam

Merendam kaki dengan air garam banyak dilakukan masyarakat Indonesia untuk mengatasi berbagai hal mulai dari kaki yang lelah dan pegal sampai masalah kuku kaki yang tumbuh tidak seharusnya. Penggunaan air garam ini memang bukan tanpa alasan. Air garam memang memiliki khasiat mampu meredakan peradangan pada kulit yang diakibatkan oleh kuku yang menancap. Akan tetapi pada dasarnya perendaman dengan air garam ini hanya dapat meredakan rasa sakitnya saja namun tidak bisa mengatasi sumber penyebab masalah ini secara langsung.

Merendam kaki dengan air garam juga punya fungsi yang lain yaitu membuat kuku kaki menjadi lebih lunak sehingga tidak terlalu tajam dan melukai permukaan kulit Anda. Kuku yang lebih lunak juga menjadi lebih mudah untuk dipotong atau dilepaskan daru kulit tempatnya tertancap.

  • Rivanol

Kondisi kaki yang sakit akibat pertumbuhan kuku yang salah jika tidak langsung diobati dapat menjadi semakin parah bahkan bisa terjadi infeksi hingga bernanah. Tindakan mengobati dengan menggunakan rivanol adalah sebuah tindakan yang tepat meskipun tidak bisa langsung mengatasi masalah secara tuntas sempurna.

Rivanol sendiri merupakan suatu bahan kimia berupa etakridin laktat yang berfungsi sebagai antiseptik yang bisa mematikan bakteri. Kuku kaki yang meradang sangat rawan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab infeksi. Untuk itu sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan kaki dan kuku yang bermasalah. Penggunaan rivanol dapat membantu mematikan bakteri sehingga mengurangi terjadinya infeksi dan meredakan peradangan yang terjadi pada kuku yang bermasalah tersebut. Rivanol ini juga dapat membantu mengurangi nanah yang muncul pada kuku dan kulit di sekitarnya.

Akan tetapi penggunaan rivanol saja tidak cukup untuk mengatasi masalah sampai ke akar. Anda tetap harus menghilangkan bagian kuku yang melukai kulit supaya rasa nyeri berkurang dan infeksi tidak meluas dan menyebar semakin parah.

 

Penyebab Cantengan

Rasa sakit yang muncul pada masalah kuku yang satu ini terjadi karena kuku yang tumbuh akan menekan kulit di dalam kuku bahkan bisa melukainya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak faktor mulai dari bentuk fisik kaki sampai dengan penggunaan alas kaki yang tidak tepat. Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya masalah kuku yang satu ini:

  • Bentuk kuku yang melengkung

Tiap-tiap orang memiliki karakteristik tersendiri menyangkut bentuk bagian-bagian tubuh yang dipunyainya. Hal ini juga berlaku untuk bentuk kuku baik tangan maupun kaki. Ternyata bentuk kuku tertentu bisa meningkatkan risiko munculnya pertumbuhan kuku yang mengganggu. Anda yang mempunyai kuku kaki dengan bentuk melengkung seperti kipas sebaiknya waspada karena rentan membuat kuku tumbuh ke arah dalam.

  • Kesalahan dalam memotong kuku

Kuku baik kuku tangan maupun kaki memang sebaiknya dipotong secara rutin untukmenjaga kebersihan dan kesehatannya. Kuku yang panjang merupakan tempat yang sangat strategis untuk bakteri bersembunyi dan berisiko mengganggu kesehatan. Akan tetapi Anda pun perlu tetap memperhatikan teknik memotong kuku yang tepat. Biasakan untuk memotong kuku dengan ukuran yang pas dan sesuai dengan jari Anda. Memotong kuku yang terlalu pendek maupun menembus bagian pinggir kuku bisa memicu terjadinya kondisi mengganggu ini.

  • Kaki yang mudah berkeringat

Anda mungkin bertanya-tanya apa hubungannya kaki berkeringat dengan kuku yang tumbuh ke dalam dan sakit? Tentu ada hubungannya. Telapak kaki dan jari-jari kaki yang mudah berkeringat ini bisa membuat kuku kaki menjadi lebih lunak dan mudah rusak. Akibatnya bagian kuku yang rusak atau patah ini tak jarang membuat bagian ujungnya maupun potongannya yang tajam terselip dan menancap pada kulit kaki.

  • Menggunakan alas kaki dengan ukuran yang terlalu sempit

Memilih alas kaki sebaiknya memang disesuaikan dengan ukuran kaki masing-masing pemakainya. Hindari membeli sepatu atau alas kaki yang terlalu longgar maupun terlalu sempit. Alas kaki yang terlalu sempit bisa jadi penyebab kuku menjadi tertekan dan terhimpit sehingga arah pertumbuhan kuku berubah ke arah dalam dan menembus kulit. Tentu saja kuku yang menembus kulit ini akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri yang mengganggu pergerakan kaki Anda.

  • Kurangnya menjaga higienitas kaki

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga kebersihannya. Kurang menjaga kebersihan kuku kaki ini bisa menjadi salah satu faktor pemicu kuku menjadi mudah rusak dan patah. Patahan kuku ini nantinya bisa tersangkut dan menancap di kulit kaki dan menimbulkan rasa nyeri.

  • Mengalami cedera

Cedera pada kaki khususnya di bagian jari-jari kaki juga bisa jadi penyebab kuku yang menancap di kulit. Hal ini misalnya terjadi ketika Anda tersandung atau tidak sengaja menendang benda yang keras sehingga membuat kuku menjadi rusak atau berubah arah dan menancap pada kulit.

  • Faktor keturunan

Selain faktor-faktor penyebab yang sudah dijelaskan sebelumnya ternyata faktor genetik juga bisa menjadi tersangka penyebab gangguan kulit yang satu ini. Jika genetik menjadi faktor utamanya maka yang bisa dilakukan adalah mengurangi peluang atau risiko munculnya pertumbuhan kuku pada kulit dan mengobatinya segera ketika sudah terlanjur muncul.

 

Gejala Cantengan

Kondisi ini merupakan suatu hal yang biasa terjadi dan bisa disembuhkan atau diatasi. Tapi sebelu mengambil langkah yang tepat untuk mengobatinya Anda wajib tahun dulu sebenarnya apa saja gejala dari masalah kulit yang satu ini. Suatu kondisi bisa dikatakan sebagai cantengan jika memenuhi beberapa gejala sebagai berikut:

  • Rasa sakit yang muncul ketika kuku tertekan atau ditekan

Kuku yang tumbuh dengan arah yang tidak seharusnya akan terasa sakit ketika tertekan atau ditekan. Rasa sakit ini muncul karena semakin kuku ditekan maka kuku akan semakin menancap pada kulit dan menimbulkan rasa nyeri.

  • Adanya tumpukan cairan di dalam jari kaki

Kuku kaki yang tumbuh dan menancap ke kulit jari kaki ini bisa menimbulkan adanya penumpukan cairan di bagian tersebut. Jika Anda menemukan adanya volume cairan di dalam kuit maka perlu diwapadai kalau telah terjadi sesuatu yang salah pada kuku kaki Anda.

  • Munculnya nanah pada bagian kuku yang menancap

Kuku yang menancap di kulit selain menimbulkan rasa nyeri ternyata juga bisa memicu terjadinya infeksi. Infeksi ini terjadi jika kondisi kaki kurang bersih ataupun lembab. Akibatnya adanya bakteri pada kaki menimbulkan infeksi. Infeksi ini memicu sel darah putih untuk melawan massa bakteri yang masuk. Akibatnya muncullah nanah yang bisa berwarna putih maupun kuning dan berbau kurang sedap.

  • Kulit kaki meradang

Bagian kulit yang tertancap kuku kaki ini bisa mengalami peradangan sehingga terlihat membengkak dan berwarna kemerahan. Peradangan ini harus segera ditangai dengan tepat supaya tidak semakin parah dan mengganggu kenyamanan.

  • Terdapat pertumbuhan kuku yang berlebih

Kondisi ini juga bisa ditandai dengan adanya pertumbuhan kuku yang tidak normal yaitu berlebihan. Kuku yang tumbuh berlebih ini bisa membuat kuku tumbuh ke dalam dan menekan kulit.

Seluruh gejala ini perlu diperhatikan dan diwaspadai. Pengambilan tindakan yang tepat perlu dilakukan supaya kondisi ini tidak semakin parah dan memicu munculnya infeksi berkepanjangan.

 

Bahaya/Efek Cantengan

Meskipun terdengar sepele tetapi masalah kuku ini cukup mengganggu aktivitas karena rasa nyeri yang ditimbulkannya. Jika tidak segera ditangani kondisi ini pun bisa bertambah buruk seperti munculnya infeksi hingga timbulnya komplikasi. Infeksi bakteri maupun jamur pada bagian kuku yang bermasalah ini bisa menimbulkan luka yang semakin lebar dan semakin sakit. Jika kondisi kuku yang menancap sudah semakin parah maka ada baiknya dilakukan prosedur medis ringan untuk menghilangkan atau memotong lipatan kuku yang mengganggu.

Jika kuku yang tumbuh tidak benar ini tidak ditangani dengan tepat ada pula risiko lain yang mungkin datang yaitu terjadinya komplikasi. Komplikasi ini akan terlihat dengan munculnya abses pada bagian kuku dan kulit disekitarnya. Selain itu bentuk kuku juga bisa berubah secara permanen dan menyebabkan tampilannya menjadi kurang menarik.

Perlu diingat untuk tidak mencoba untuk menghilangkan masalah kuku yang tumbuh mengenai kulit ini sendiri di rumah menggunakan benda-benda tajam yang tidak steril. Hal tersebut perlu sangat dihindari karena bukannya membuat kondisi membaik justru bisa membuat adanya bakteri yang masuk dan menimbulkan infeksi lebih lanjut pada bagian kuku dan kulit. Infeksi ini bahkan bisa menyebar ke daerah-daerah sekitarnya yang semula sehat dan normal.

 

Macam Cantengan

Masalah kuku ini bisa terjadi dengan kondisi yang berbeda-beda. Macam masalah pada kuku ini salah satunya bisa dibedakan berdasarkan tingkat keparahannya maupun bagian tubuhnya.Pertumbuhan kuku yang salah bisa terjadi pada jari kaki, jempol kaki atau bahkan jari tangan.Ada pula kondisi yang hanya menimbulkan rasa sakit yang tidak mengganggu dan ada pula yang menyebabkan Anda mengalami kesulitan berjalan lantaran rasa nyeri luar biasa yang ditimbulkannya tiap kali kaki tertekan atau tergesek saat berjalan. Selain itu ada juga kondisi yang membuat bagian kulit yang tertancap kuku menjadi bernanah dan meradang. Jika hal tersebut terjadi maka sebaiknya Anda langsung hubungi dokter yang kompeten di bidang ini untuk membantu mengatasi dan mengobatinya dengan tepat dan aman.

 

Tips Agar Cantengan Tidak Balik Lagi

Kuku yang tumbuh mengenai kulit ini pada dasarnya bisa diobati dan dicegah supaya tidak kembali datang dan menyusahkan. Berikut ini beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan:

  • Biasakan untuk merendam kaki dengan air sebelum memotong kuku

Merendam kaki dengan air baik air hangat maupun air dingin dapat membantu kuku menjadi lebih lunak dan mudah dipotong. Kondisi kuku yang lunak ini pun dapat mempermudah Anda dalam membentuk kuku dan tidak menyisakan bagian ujung yang runcip dan rawan melukai kulit.

  • Gunakan alas kaki yang longgar dan nyaman

Pilih alas kaki atau sepatu dengan ukuran yang pas dengan ukuran kaki Anda supaya kaki dapat bergerak leluasa dan nyaman.

  • Selalu menjaga kebersihan kuku dan kaki

Biasakan untuk selalu mencuci kaki setiap hari apalagi setelah beraktivitas di luar. Bersihkan kaki dengan sabun atau cairan antiseptik untuk membuatnya bebas dari bakteri-bakteri penyebab infeksi.

Itu tadi beberapa bahasan penting mengenai kondisi cantengan yang sangat mungkin dialami oleh siapa saja di segala usia. Lakukan penganganan yang tepat dan hindari mengambil tindakan yang dilakukan tanpa panduan dari profesional. Akan jauh lebih baik untuk menyerahkan pengobatan pada petugas medis yang profesional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *